Cegah Covid-19, HMJ IQTAF Adakan Khotmil Qur'an dan Do'a Untuk Bangsa


 بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“(Aku berlindung) dengan Nama Allah yang bersama nama-Nya tidak ada sesuatu di bumi dna di langit yang bisa membahayakan. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Cirebon, IqtafNews. Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Alqur'an dan Tafsir (IQTAF) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar Khotmil Qur'an dan Do'a Untuk Bangsa.

Kegiatan pembacaan Alqur'an serentak yang dilakukan secara daring tiap masing-masing kelas itu bertemakan "Bersama Melawan Covid-19". Sabtu, (28/3//2020).

"Khataman online ini merupakan instruksi dari FKMTHI (Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis se-Indonesia) pusat yang mengajak seluruh mahasiswa tafsir hadis untuk mengadakan khataman dalam rangka berdo'a bersama, menjaga Indonesia dari pandemi Covid-19". Ujar Ketua Divisi Kajian dan Keilmuan Cucu Barokah

Selain instruksi FKMTHI Pusat, Kata Cucu, sebenarnya kegiatan khataman ini juga merupakan agenda mingguan.

"Harapan kami, semoga dengan adanya do'a dari kita semua, dengan washilah pembacaan Aqur'an dapat menjaga tanah air kita dan mengembalikan Indonesia pada kondisi yang lebih baik dan terlindungi dari segala mara bahaya". Tandasnya

Ahmad Sayuti, selaku Sekretaris Jendral FKMTHI Pusat mengaku sangat mendukung kegiatan khataman Alqur'an ini.

"FKMTHI Hadir untuk mendoakan bangsa yang saat ini sedang menghadapi wabah Covid 19 ini. Jadi, harapannya tentu musibah ini segera berakhir dan kita dapat beraktifitas seperti biasanya". Katanya saat dikonvirmasi via WhatsApp

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Alqur'an dan Tafsir, H. Muhammad Maimun, MA, M.S.i menyampaikan, Kegiatan ini merupakan kontribusi dan kepedulian mahasiswa jurusan IAT terhadap problem yang dihadapi bangsa saat ini.

"Kita berusaha lahir dan batin. Secara lahir, kita amalkan hidup bersih dan sehat sebagaimana dianjurkan oleh Alquran dan Sunnah Serta ilmu kesehatan. Secara batin, kita berdoa kepada Allah SWT, yaitu membaca dengan Khotmil Qur'an". Katanya

Semoga dengan Khataman Alquran ini, lanjut dia, kita semua bisa mengatasi wabah Covid-19 dengan baik sehingga kita semua dan masyarakat Indonesia banyak yg sehat. Semoga Allah mengabulkan do'a kita.

Ia pun menganjurkan bagi tiap mahasiswa mengamalkan do'a :
حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ  وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ"

Fasfah Sofhal Jamil, selaku ketua HMJ IQTAF mengatakan, selain usaha dalam bentuk tindakan, usaha lewat do'a juga sangat penting dilakukan.

"Khotmil Qur'an yang kami adakan secara online ini merupakan sumbangsi dari HMJ untuk bangsa dalam menangkal Covid-19". Ujarnya.

Dalam teknisnya, kata Fasfah, dari tiap kelas mulai dari semester II sampai IV kita bagi Juznya, masing-masing mendapatkan 5 juz, sehingga 30 juz ini dapat diselesaikan secara serentak, dan do'a khataman akan dilakukan pada hari senin  nya.





Pewarta: Ida Safitri, Masfufah
Posted By : Ita Ulfazriyah

Previous Post Next Post