Rapat Kerja HMJ IQTAF Usung Pendekatan Kekeluargaan

Rapat Kerja HMJ IQTAF Usung Pendekatan Kekeluargaan
H. Muhammad Maimun, MA, M.S.I saat memberikan sambutan
Cirebon, IqtafNews. Calon Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMJ IQTAF) periode 2020-2021 Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon telah menggelar Raker (Rapat Kerja).

Acara yang berlangsung di Gedung PCNU kota Cirebon itu diikuti oleh pengurus HMJ IQTAF dan juga dihadiri oleh Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis se-Indonesia (FKMTHI) Koodinator Wilayah (Korwil) Jawa Barat terpilih. Sabtu, (7/3/2020)

Fasfah Sofhal Jamil, selaku Ketua HMJ IQTAF mengatakan, rapat ini merupakan rapat perdana yang diadakan HMJ IQTAF periode sekarang. Berbeda dengan rapat kerja kepengurusan sebelumnya, periode sekarang rapat kerja kepengurusan diadakan sebelum adanya pelantikan. Hal itu bertujuan agar pengurus HMJ lebih siap dan rancangan-rancangan program kerja lebih matang  serta bisa terealisasikan secara maksimal. 

"Semoga kedepannya seluruh pengurus HMJ IQTAF mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan, menjunjung tinggi solidaritas, kekompakan,  keharmonisan dalam bingkai kekeluargaan, dan  tentunya seluruh program kerja yang telah dirancang mampu terealisasikan serta bisa menjadi contoh bagi HMJ lainnya". Kata Fasfah

Ia juga berpesan, bahwa bukan hanya menyusun rancangan kerja, namun yang terpenting yakni dari seluruh anggota HMJ ini mampu menjadi pemimpin yang ideal, seperti yang dikutip pada surah Ali Imran Ayat 159.

“Bahwasannya pada ayat tersebut dijelaskan bahwa kriteria pemimpin adalah lemah lembut, tidak kasar, siap memaafkan kesalahan orang lain, selalu mendoakan ampunan bagi rakyatnya, siap mendengarkan aspirasi rakyat, memiliki komitmen, dan tawakkal kepada Allah”. Paparnya.

Ketua FKMTHI Korwil Jawa Barat terpilih, M. Ulyuddin menyampaikan bahwa para calon pengurus HMJ IQTAF tidak hanya disibukkan oleh program kerja tetapi akan disibukkan kembali dengan kegiatan RAKERWIL (Rapat Kerja Wilayah) yang akan diselenggarakan oleh FKMTHI di IAIN Syekh Nurjati.

"Tidak perlu untuk dilantik menjadi FKMTHI, ketika sesungguhnya masuk jurusan IAT dan Ilmu Hadis maka kalian termasuk dari FKMTHI.  Dan saya rasa belum cukup maksimal bila kita sebagai mahasiswa Tafsir Hadis tapi tidak mau membawa Tafsir Hadis ke arah yang lebih proges lagi". Kata Ulyu

Ia berharap agar kedepannya pengurus HMJ IQTAF mampu mengadakan acara kampus dengan melibatkan jurusan  Ilmu Al-Quran dan Tafsir dari perguruan tinggi lain. 

Dalam sambutannya, H. Muhammad Maemun, MA. M. S. I,  selaku Ketua Jurusan ilmu Al-Quran dan Tafsir mengatakan bahwa HMJ IQTAF dan Jurusan IAT merupakan satu kesatuan bagaikan dua mata uang yang tidak di pisahkan. 

"HMJ IQTAF kedepannya mampu mengorganisir teman-teman kelas untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan HMJ." Ujarnya sebelum meresmikan Raker.
"Dan untuk pengurus HMJ jangan mengharapkan apa yang didapat dari organisasi tapi apa yang kita berikan terhadap organisasi sehingga memberikan dampak positif". Tandasnya 

Rapat Kerja HMJ IQTAF Usung Pendekatan Kekeluargaan
Suasana saat pemaparan program kerja

Kontributor : Ida Safitri
Posted By : Ita Ulfazriyah

Previous Post Next Post