Relasi Agama dan Politik Jadi Bahan Diskusi IAT A Angkatan 2018

Relasi Agama dan Politik

Cirebon, IqtafNews. Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) semester IV A angkatan 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon telah mengadakan diskusi "Relasi Agama dan Politik".  Kamis, (5/3/2020)


Acara yang berlangsung di warung lesehan Bima itu adalah acara diskusi mingguan yang dilakukan mahasiswa IAT/ IV A.

Siti Nurfauzah Badriah, yang merupakan anggota kelas A mengatakan, diskusi ini sebagai latihan untuk berbicara dan menyampaikan pendapat agar mahasiswa bisa aktif dalam perkuliahan dan kritis terhadap lingkungan.

“Karena kurang aktifnya kita diskusi dalam kelas,  maka kami perlu mengadakan kegiatan yang seperti ini". Kata Nurfauzah.

Sedangkan Ida Muawadah, selaku pemantik menyampaikan, mengenai Agama dan politik, bahwa agama mungkin saja bisa bertahan disuatu negara, tapi tanpa adanya suatu instansi atau lembaga yang mempertahankan eksistensi dari agama tersebut, bisa saja agama itu rapuh atau bahkan hilang.

Menurutnya, lembaga-lembaga yang ada di Indonesia seperti NU dan Muhammadiyah merupakan salah satu cara mempertahankan nilai-nilai yang ada dalam islam dan secara tidak langsung itu merupakan politik.

"Salah satu cara kita untuk bisa belajar berpolitik bisa melalu kampus. Dengan kita berpatisipasi dengan himpunan jurusan atau organisasi lain dapat memahami tentang politik". Paparnya

Relasi Agama dan Politik
IAT A angkatan 2018 saat kajian berlangsung 


Kontributor & Editor : Ida Safitri
Posted by : Ita Ulfazriyah
Previous Post Next Post