Memperingati Nuzulul Quran, HMJ IQTAF Gelar Webinar Online


Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an, HMJ IQTAF (Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan acara Webinar online spesial Nuzulul Qur'an dengan tema "Bersama Al-Qur'an masa depan semakin cerah dan hidup semakin terarah" pada hari Kamis, (29/4/2021).


Dalam acara tersebut HMJ IQTAF mengundang Alhabib Ahmad bin Abdullah Alkaff sebagai Narasumber. Beliau adalah Dewan Guru Majelis Ribathul Mustofa Majalengka. Kemudian hadir juga Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Muhammad Maimun, M.A, M.SI serta ketua HMJ IQTAF M. Hisam. 


Dalam sambutannya, Muhammad Maimun mengatakan bahwa "Dengan adanya peringatan Nuzulul Qur'an ini semoga pengetahuan kita menjadi lebih dalam mengenai Nuzulul Qur'an. Muhammad Maimun juga menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk menyimak dengan baik supaya pengetahuannya bertambah dan mahasiswa bisa mengamalkan ilmu yang didapat dari webinar kali ini, tambahnya. 


Ketum HMJ IQTAF, M. Hisam juga mengatakan "Nuzulul Qur'an ini menjadi malam yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat islam, salah satunya masyarakat Indonesia yang setiap tahunnya sering memperingati malam Nuzulul Qur'an ini. Peristiwa Nuzulul Qur'an ini diyakini membawa pelajaran dan hikmah yang sangat berharga. Al-Qur'an turun kepada nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam. Al-Qur'an juga merupakan mukjizat terbesar bagi nabi Muhammad SAW. Dengan peringatan Nuzulul Qur'an ini semoga membawa kita kepada puncak ketakwaan. Ucap Hisam


Dalam pemaparannya, Alhabib menerangkan bahwa dibulan ramadhan ini bulan yang dimuliakan Allah SWT, bulan yang diistimewakan dari zaman Nabi Adam, sampai semua para Nabi mengetahui, dan sampai dikhusukannya kepada Nabi Muhammad Saw. Ketika Allah memilih untuk menurunkan Al-Quran dibulan ramadhan, dalam Al-Qur'an surat Al-Qadar, lafadz "Anzalna" ini mengandung arti bahwa Al-Qur'an diturunkan secara sekaligus dimalam Lailatul Qadar yang ada dibulan Ramadhan, ini membuktikan bahwa bulan ini sangat diistimewakan.


Pewarta: Iid Muhyidin

Div. Kominfo

Previous Post Next Post