Penisbatan Bacaan Al-Qur’an Kepada Imam Qira’at

sumber gambar: islami.co

Oleh: Tsamrotul Fuady

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam, mengimaninya adalah sebagian dari rukun iman. Ia adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantara malaikat Jibril dengan versi dan variasi bacaan/qira’at yang berbeda-beda. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari: “Sesungguhnya Al-Qur’an ini diturunkan atas tujuh huruf, maka bacalah (Al-Qur’an) itu yang mudah darinya.”[1]

Adanya variasi bacaan dalam Al-Qur’an merupakan karunia Allah SWT yang diberikan secara khusus kepada umat Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk kasih sayang Allah SWT agar mudah dalam pelafalan dan membacanya. Dalam kajian Islam, studi tentang variasi bacaan Al-Qur’an dikenal dengan Ilmu Qira’at Al-Qur’an.

Pada masa Nabi Muhammad SAW, para sahabat menerima bacaan Al-Qur’an secara langsung dari beliau dan mereka secara sistematis dan serius mempelajarinya dengan berbagai variasi bacaan/qira’atnya. Pada masa ini lahirlah ahli qira’at (qurra’) dari kalangan sahabat Nabi, seperti:

·         Ubay Bin Ka’ab

·         Abdullah Bin Mas’ud

·         Abu Al-Darda’

·         Utsman Bin Affan

·         Ali Bin Abi Thalib

·         Abu Musa Al-Asy’ariy

·         Zaid Bin Tsabit[2]

Para ahli qira’at Al-Qur’an dari kalangan sahabat ini dalam mempelajari dan mendalami qira’at Al-Qur’an memiliki kemampuan yang berbeda-beda; ada yang mempu menguasai satu atau dua versi bacaan, ada yang menguasai tiga versi bacaan dan bahkan ada yang lebih dari itu.[3]

Sepeninggal Nabi, para sahabat berpencar untuk hijrah ke berbagai belahan dunia Islam. Ada yang ke Syam, seperti Abu Al-Darda’, ada yang ke Kuffah seperti Ibnu Mas’ud dan Sayyidina Ali. Para ahli qurra’ dari kalangan sahabat mengajarkan bacaan Al-Qur’an dengan berbagai versi yang mereka terima dari Nabi kepada generasi tabi’in. Dari para sahabat inilah kemudian para tabi’in memiliki dan menguasai versi qira’at yang berbeda-beda pula.

Setelah masa Sahabat berlalu, para ahli qira’at dari generasi tabi’in mengajarkan Al-Qur’an sesuai dengan versi dan variasi qira’at yang mereka dapatkan dari para sahabat.

Namun demikian, dalam perjalanan sejarah, muncul bacaan/qira’at Al-Qur’an yang diragukan dan diduga tidak bersumber dari Nabi. Hal ini disebabkan semakin luasnya daerah kekuasaan Islam dan semakin banyak penduduk Islam dari luar kalangan bangsa Arab yang tidak mengetahui Bahasa Arab.[4]

Oleh karena itu, pada pertengahan kedua abad pertama hijriah dan pertengahan awal abad kedua hijriah, para ulama ahli qira’at terdorong untuk meneliti dan menyeleksi berbagai versi dan variasi qira’at Al-Qur’an yang berkembang pada waktu itu. Dari hasil penelitian yang dilakukan secara selektif dan akurat, disimpulkan bahwa terdapat tujuh versi qira’at yang populer dan dilestarikan oleh para Imam qira’at karena bacaan/qira’at tersebut mutawatir, bersumber dari Nabi. Bacaan populer inilah kemudian dikenal dengan sebutan “qira’at sab’ah”.[5]

Tujuh qira’at/qira’at sab’ah ini kemudian dinisbatkan (disandarkan) kepada para imam qira’at yang berjumlah tujuh, yaitu:

·         Imam Nafi’ Bin Abdurrahman (w. 169 H)

·         Imam Abdullah Bin Katsir (w. 120 H)

·         Imam Abu Amr, Zabban Bin Al-Ala’ Al-Bashriy (w. 154 H)

·         Imam Abdullah Ibnu Amir Al-Syamiy (w. 118 H)

·         Imam Ashim Bin Abi Al-Najud Al-Kufiy (w. 128 H)

·         Imam Hamzah Bin Al-Zayyat (w. 156 H)

·         Imam Ali Bin Hamzah Al-Kisa’i (w. 189 H)

Selain tujuh imam di atas, Imam Al-Jazari menambahkan tiga imam lain, yang menurut hasil penelitiannya, ketiga imam tersebut setara dengan tujuh imam di atas, dalam hal standar transmisi sanadnya maupun bacaan/qira’atnya. Ketiga imam tersebut adalah:

·         Imam Abu Ja’far Bin Yazid Al-Qa’qa’ Al-Madani (w. 130 H)

·         Imam Ya’qub Bin Ishaq Al- Hadhrami Al-Bishri (w. 205 H)

·         Imam Khalaf Bin Al-Bazzar Al-Asyir (w. 189 H)

Penisbatan qira’at Al-Qur’an kepada nama para imam qira’at bukan berarti qira’at tersebut merupakan hasil ijtihad mereka (hasil karya dan rekayasa mereka). Ungkapan seperti Qira’at Nafi, Qira’at Ibnu Katsir, Qira’at Ashim, dan yang lain, hanya menunjukan bahwa qira’at yang dinisbatkan kepada mereka adalah hasil penelitian dan seleksi (ikhtiyar) mereka terhadap berbagai qira’at yang ada. Kemudian mereka menggunakan bacaan/qira’at hasil penelitian tersebut secara rutin dan berkesinambungan membaca, mengajarkan, dan melestarikannya hingga bacaan/qira’at tersebut dikenal luas oleh masyarakat sebagai bacaannya. Meskipun pada hakikatnya bacaan tersebut bersumber dari Nabi SAW.

Oleh karena itu, penisbatan qira’at kepada para imam qira’at sama halnya dengan penisbatan hadits Nabi kepada Imam Bukhari, Imam Muslim, atau Imam Al-Tirmidzi. Apabila disebutkan hadits Bukhari, Muslim, atau Tirmidzi, maka sependek pengetahuan kita menyimpulkan bahwa hadits tersebut bukan hasil karya dan rekayasa para imam tersebut. Namun, para imam tersebut hanya menyeleksi dan meriwayatkannya. Demikian pula qira’at Al-Qur’an yang dinisbatkan kepada imam qira’at.

Penulis merupakan mahasiswa IAT semester 5

Editor: Nurfadilah



[1]Imam Bukhari, Shahih Bukhari, (Beirut: Idar Al-Tiba’at Al-Muniriyyah, tt, juz 6) 227

[2]Abdul Hadi Al-Fadhliy, Al-Qira’at Al-Qur’aniyat: Tarikh Wa Ta’rif, (Beirut: Dar Al-Qalam, 1985) 18.

[3]Abdul Adzhim Al-Zurqaniy, Manahil Al-Irfan Fi Ulum Al-Qur’an, (Mesir: Isa Al-Halabiy, tt, juz 1) 406.

[4]Ibnu Al-Jazari, Al-Nasyr Fi Al-Qira’at Al-Asyr, (Mesir: Dar Al-Fikr, tt,) 9.

[5]Manna’ Al-Qatthan, Mabahis Fi Ulum Al-Qur’an, (Beirut: Mansyurat Al-Ashr Al-Hadits, 1973) 131.

Name

Administrasi,2,Al-Quran,25,Artikel,44,Bakti Sosial,1,Bedah Buku,1,Cara Kirim Tulisan Ke Web HMJ IQTAF Senja Cirebon,20,cerpen,1,digital,2,esai,2,Fiksi,8,Fiksi Lainnya,1,fkmthi,17,Futs,1,Hafalan,1,Harlah,10,iaincirebon,14,iat,15,iqtaf,12,Iqtaffestx,8,Kajian,4,Kelas Jurnalistik,2,kepemimpinan,1,Kewarganegaraan,1,Kewirausahaan,1,Kominfo,2,LDK,2,Lomba,1,Makrab,1,media massa,1,MHQ,1,Minat Bakat,1,Motivasi,1,MQK,1,MTQ,1,Mubes,1,News,98,Nonfiksi,19,nuzulul qur'an,1,Opini,1,PAO,1,PBAK,1,PENA KAMI,4,Pendidikan,1,Pengabdian Masyarakat,1,persidangan,1,Profil Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebon,1,Proker,1,public lecture,2,Puisi,4,Quotes,2,raker,3,santri,1,Sima'an,1,tafsirhadis,11,Upgrading,1,Webinar,15,Wisuda,1,
ltr
item
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Penisbatan Bacaan Al-Qur’an Kepada Imam Qira’at
Penisbatan Bacaan Al-Qur’an Kepada Imam Qira’at
Penisbatan Bacaan Al-Qur’an Kepada Imam Qira’at
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ3jITdlZfxx9rCh1ZsWJXDm5vgZADTTM3qPH5e0VQOaHYrPL2oCHGJXhc08lCQOjyI-HFg1tlRODe-lFJzloTQQ4i9seS-ZMJ9053Av1TA88llSQY7lTgQDOKmcRFQXOPH547Hd-8InMiabNTnjY01LXw4BaHNe00FCZlP5pM6bCrqNy_8oV8DdAk/s16000/qiraat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ3jITdlZfxx9rCh1ZsWJXDm5vgZADTTM3qPH5e0VQOaHYrPL2oCHGJXhc08lCQOjyI-HFg1tlRODe-lFJzloTQQ4i9seS-ZMJ9053Av1TA88llSQY7lTgQDOKmcRFQXOPH547Hd-8InMiabNTnjY01LXw4BaHNe00FCZlP5pM6bCrqNy_8oV8DdAk/s72-c/qiraat.jpg
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon
https://www.hmjiqtafsenja.com/2022/12/penisbatan-bacaan-alquran-kepada-imam-qiraat.html
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/2022/12/penisbatan-bacaan-alquran-kepada-imam-qiraat.html
true
7562635208007576303
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy