Mencetak Kader Mufassir yang Cakap Teknologi dengan PENA KAMI

 

Sesi Pembukaan (29/08/23)
Cirebon, IqtafNews. Dalam rangka menyambut dan membimbing mahasiswa baru Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (HMJ IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan acara Penataran Kader Mufassir (PENA KAMI). Selasa, (29/08/2023). 

Acara tersebut mengangkat tema "Aktualisasi Mahasiswa Tafsir dalam Menavigasi Transformasi Digital dan Membangun Karier di Era Teknologi" dan dibuka secara resmi oleh Wakhid Nashruddin, Ph.D., selaku Wakil Dekan III.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III memberikan beberapa patah kata terkait perubahan pendekatan dalam mengenalkan Al-Qur'an dan tafsir di era digital.

"Sesuai dengan tema yang diusung, ada kata digital di situ, artinya saat ini Anda sebagai Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir harus sudah mulai punya pandangan lain mengenai bagaimana mengenalkan Al-Qur'an dan mengenalkan Tafsir, bagaimana memaknai Al-Qur'an melalui dunia digital," Ucap Wakhid. 

Sebagai prakata, Shafa Salsabila selaku Ketua Pelaksana menyampaikan pentingnya semangat pada para mahasiswa baru dalam menghadapi perubahan zaman, selaras dengan tema yang diangkat pada acara PENA KAMI tahun ini. 

"Dalam rangka tema mengaktualisasi mahasiswa tafsir yang dapat menghadapi perkembangan zaman di era teknologi ini, dan kita sebagai mahasiswa itu dapat mempunyai semangat baru untuk kita semua. Teruntuk bagi para mahasiswa baru agar mempunyai selain kita dapat menghadapi perkembangan zaman di era teknologi, kita juga mempunyai jiwa integritas sebagai warga negara yang cinta tanah air," Tutur Shafa. 

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (HMJ IQTAF), Fachry Maulana Rivaldi, menyampaikan terkait pentingnya penguasaan empat soft skills bagi para mahasiswa.

"Yang pertama problem solving, untuk bagaimana caranya kita memecahkan suatu permasalahan. Dan yang kedua, ada self management, untuk agaimana caranya kita me-manage diri kita sendiri untuk meningkatkan kualitas kita sendiri," Ujar Fachry. 

"Dan yang ketiga, ada working with people, untuk bagaimana caranya kita bekerja sama dengan orang-orang di sekitar kita, di lingkungan kita. Untuk bagaimana caranya kita berkomunikasi dengan kakak-kakak tingkat kita ataupun nantinya dengan instansi luar yang akan nantinya terjun ke masyarakat luar. Dan yang keempat, ada technology adaptation yang tadi disebutkan juga oleh Pak Wadek, Pak Wakhid Nasruddin, bahwasanya kita harus mengimbangi kepesatan teknologi yang terus meningkat." Lanjutnya. 

Di kesempatan yang sama, Ita Janurita, selaku perwakilan Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Wilayah Jawa Barat, turut menyampaikan beberapa pesan terkait FKMTHI dari Riki Maulana selaku Ketua Umum yang sedang berhalangan hadir.

"Beliau mengucapkan atau memberikan sebuah kalimat mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa menghadiri agenda acara yang diadakan oleh teman-teman HMJ IQTAF IAIN Cirebon karena posisi beliau ada di Surakarta. Teman-teman dari Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir adalah bagian dari keluarga kami, keluarga FKMTHI. Jadi, karib-karib semua mempunyai rumah besar di wilayah Jawa Barat yang dinamakan dengan Forum Komunikasi Tafsir Hadis Indonesia. Forum ini tidak hanya ada di wilayah, tapi juga di pusat yaitu wilayah Jakarta," Tutur Ita. 

Berikutnya, sebagai bentuk rasa syukur dan persiapan menuju masa depan, Fahmi Jauharuddin yang merupakan perwakilan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA), memberikan beberapa nasihat untuk menghadapi dunia perkuliahan.

"Ya bersyukur dengan melakukan hal-hal positif, berkuliah dengan baik, dan belajar banyak hal di kampus guna untuk mempersiapkan diri mencapai cita-cita dan masa depan yang cemerlang. Ini bisa dibilang Langkah terakhir kalian sebelum kalian nanti memulai perkuliahan yang benar. Dan mohon juga teman-teman untuk ikut serta dalam kegiatan yang akan diadakan oleh HMJ nanti kedepannya," Ujar Fahmi.

Dan terakhir, Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, H. Muhammad Maimun, M.A., M.S.I., dalam sambutannya beliau berpesan agar kegiatan PENA KAMI tahun ini dapat menjadi simpul yang erat dalam persaudaraan antar mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

"Maka pengenalannya adalah tingkatkan persaudaraan kuatkan antar generasi antar angkatan dan membangun solidaritas dalam rangka membangun Citra HMJ menjadi lebih baik," Ucap Maimun.



Pewarta: Fathimatuzzahroh

Name

Administrasi,3,Al-Quran,42,Artikel,82,Bakti Sosial,1,Bedah Buku,1,Cara Kirim Tulisan Ke Web HMJ IQTAF Senja Cirebon,50,cerpen,1,cinta,1,digital,4,esai,3,Fiksi,9,Fiksi Lainnya,1,fiqh,2,fkmthi,19,Futs,1,Hafalan,3,Harlah,15,iaincirebon,18,iat,23,iqtaf,19,Iqtaffestx,8,Iqtaffestxi,6,Kajian,8,kaligrafi,1,Kelas Jurnalistik,3,kepemimpinan,2,Kewarganegaraan,2,Kewirausahaan,2,Kominfo,6,LDK,3,Lomba,1,Makrab,1,media massa,2,MHQ,2,Minat Bakat,3,Motivasi,3,MQK,2,MTQ,2,Mubes,1,News,109,Nonfiksi,28,nuzulul qur'an,2,Opini,1,PAO,8,PBAK,2,pelatihan,1,PENA KAMI,6,Pendidikan,1,Pengabdian Masyarakat,4,persidangan,2,Profil Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebon,1,Proker,2,puasa,1,public lecture,2,Puisi,20,Quotes,2,raker,4,Ringkasan Buku,1,santri,1,Sima'an,2,tafsirhadis,12,Upgrading,1,Webinar,16,Wisuda,1,
ltr
item
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Mencetak Kader Mufassir yang Cakap Teknologi dengan PENA KAMI
Mencetak Kader Mufassir yang Cakap Teknologi dengan PENA KAMI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOJ6P3YW2Hu4ZJNN0PsllJlTRPeE8u5atXs3i_2ugwF0K5ee9SUZ40UkMd2fLstXW5LLJwwBzLxdflrd6u4cg8myzSq9j_aRenFkBUMjdnQg_xZqGIF4pIps-YPjIBcuYBwENqDUWVMOgPVzjCbvMguH2998_IJ-F7rJm3qZ5dsgzUtwczQFiENkDGPAM/w640-h480/IMG_0249.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOJ6P3YW2Hu4ZJNN0PsllJlTRPeE8u5atXs3i_2ugwF0K5ee9SUZ40UkMd2fLstXW5LLJwwBzLxdflrd6u4cg8myzSq9j_aRenFkBUMjdnQg_xZqGIF4pIps-YPjIBcuYBwENqDUWVMOgPVzjCbvMguH2998_IJ-F7rJm3qZ5dsgzUtwczQFiENkDGPAM/s72-w640-c-h480/IMG_0249.JPG
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon
https://www.hmjiqtafsenja.com/2023/09/mencetak-kader-mufassir-yang-cakap.html
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/2023/09/mencetak-kader-mufassir-yang-cakap.html
true
7562635208007576303
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy