Makronutrien dalam Al-Qur'an

Sumber: pixabay.com
Makronutrien atau zat gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar. Jenis zat gizi ini sangat diperlukan untuk kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan individu agar optimal. Kelompok nutrisi yang masuk dalam keanggotaan makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak.

1. Karbohidrat

Karbohidrat atau yang dikenal juga dengan pati atau gula merupakan senyawa yang tersusun dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat yang masih berbentuk senyawa kompleks akan diurai menjadi senyawa yang lebih sederhana dibantu oleh enzim-enzim di dalam sistem pencernaan kemudian diserap oleh usus halus dan diubah menjadi energi di dalam sel-sel tubuh. 

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga dapat menjaga keseimbangan asam dan basa, sebagai penyedia bahan baku pembentuk protein dan lemak, serta berperan penting dalam berbagai reaksi kimia kompleks di dalam tubuh. 

Karbohidrat kompleks banyak terdapat pada sumber makanan berpati, seperti padi, umbi-umbian, jagung, gandum, dan biji-bijian yang lain. Sedangkan karbohidrat sederhana seperti fruktosa dan glukosa terkandung di dalam buah-buahan dan madu. 

Beberapa ayat di dalam kitab suci Al-Qur'an memuat redaksi tentang bahan-bahan makanan yang termasuk ke dalam kelompok makronutrien karbohidrat, di antaranya adalah:

Al-An'am 6:95 (biji-bijian) 

إِنَّ اللَّهَ فَالِقُ الْحَبِّ وَالنَّوَىٰ ۖ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَمُخْرِجُ الْمَيِّتِ مِنَ الْحَيِّ ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

"Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir-butir (padi-padian) dan biji (kurma). Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling?"

Al-Mu'minun 23:19 (anggur dan kurma)

فَأَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهِ جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

"Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,"

An-Nahl 16:69 (madu)

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

2. Protein

Nutrisi yang satu ini mempunyai susunan senyawa kimia paling kompleks di antara tiga makronutrien. Komponen pembentuk protein adalah asam amino yang berdasarkan ketersediaannya di dalam tubuh di bagi menjadi dua jenis, yaitu asam amino esensial dan asam amino non-esensial. Asam amino esensial hanya bisa didapat dari sumber makanan yang mengandung protein, baik nabati maupun hewani, seperti daging hewan dan susu.

Fungsi dari protein dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu fungsi mekanik sebagai pembangun struktur tubuh, misalnya protein kolagen yang bisa menguatkan gigi dan tulang serta mengencangkan kulit, dan protein penyusun membran sel. Fungsi yang kedua adalah katalis, protein seperti enzim merupakan bio-katalis yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh karena dapat mempercepat reaksi kimia sekurang-kurangnya satu juta kali.

Allah Swt. telah memberikan pengetahuan tentang protein di dalam kalam-Nya, dua di antaranya adalah sebagai berikut:

Yasiin 36:71-73 (binatang ternak atau daging) 

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا خَلَقْنَا لَهُمْ مِمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَا أَنْعَامًا فَهُمْ لَهَا مَالِكُونَ

وَذَلَّلْنَاهَا لَهُمْ فَمِنْهَا رَكُوبُهُمْ وَمِنْهَا يَأْكُلُونَ

وَلَهُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَمَشَارِبُ ۖ أَفَلَا يَشْكُرُونَ

"Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya?; Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan; Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?"

An-Nahl 16:66 (susu) 

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya."

3. Lemak

Lemak atau minyak adalah sumber energi terbesar bagi tubuh, melebihi karbohidrat dan protein. Ketika dalam suhu ruang senyawa ini berbentuk padat maka disebut dengan lemak, sedangkan yang berbentuk cair dikenal dengan minyak. 

Lemak tersusun dari asam lemak dan gliserol yang kemudian membentuk ikatan ester bernama gliserida. Asam lemak diklasifikasi berdasarkan struktur penyusunnya menjadi dua jenis, yaitu asam lemak jenuh dan tak jenuh. Asam lemak jenuh di dalam tubuh dengan kadar berlebih dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan, seperti stroke, serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah, hingga kematian. 

Sedangkan asam lemak tak jenuh justru sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, karena dapat meningkatkan kinerja otak, meningkatkan fungsi arteri, mengurangi risiko penyakit radang sendi, mencegah pengendapan pada pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Makanan kaya asam lemak tak jenuh di antaranya adalah berbagai jenis minyak nabati, seperti ekstraksi buah zaitun, kedelai, dan jagung; serta minyak ikan, terutama ikan-ikan laut dalam.

Terkait keberadaan makronutrien lemak, Allah telah memberikan informasinya kepada manusia melalui ayat-ayat Al-Qur'an berikut:

An-Nahl 16:14 (ikan) 

وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur."

Al-Mu'minun 23:20 (minyak zaitun)

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُورِ سَيْنَاءَ تَنْبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِلْآكِلِينَ

"Dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan."

Fathimatuzzahroh

Name

Administrasi,3,Al-Quran,42,Artikel,82,Bakti Sosial,1,Bedah Buku,1,Cara Kirim Tulisan Ke Web HMJ IQTAF Senja Cirebon,50,cerpen,1,cinta,1,digital,4,esai,3,Fiksi,9,Fiksi Lainnya,1,fiqh,2,fkmthi,19,Futs,1,Hafalan,3,Harlah,15,iaincirebon,18,iat,23,iqtaf,19,Iqtaffestx,8,Iqtaffestxi,6,Kajian,8,kaligrafi,1,Kelas Jurnalistik,3,kepemimpinan,2,Kewarganegaraan,2,Kewirausahaan,2,Kominfo,6,LDK,3,Lomba,1,Makrab,1,media massa,2,MHQ,2,Minat Bakat,3,Motivasi,3,MQK,2,MTQ,2,Mubes,1,News,109,Nonfiksi,28,nuzulul qur'an,2,Opini,1,PAO,8,PBAK,2,pelatihan,1,PENA KAMI,6,Pendidikan,1,Pengabdian Masyarakat,4,persidangan,2,Profil Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebon,1,Proker,2,puasa,1,public lecture,2,Puisi,20,Quotes,2,raker,4,Ringkasan Buku,1,santri,1,Sima'an,2,tafsirhadis,12,Upgrading,1,Webinar,16,Wisuda,1,
ltr
item
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Makronutrien dalam Al-Qur'an
Makronutrien dalam Al-Qur'an
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm_27t8yW_wNt0iaeB-S1UjKqWPzctJnxF9uKgr5G5LT7f0tkCf54JwmAdY9c5PqyEuISUS81AaR214QOKLdhjYwFnr_4vbY2bcev0U7G2b1xlQGW1HzmexP14tjxlvnqClxxJPKXt388D-gB9R8KjY-gRUe3wcuW4rkVjgvEvfRq8jwPPCT1jDi-Xj7I/w640-h426/appetizer-1386743_1280.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm_27t8yW_wNt0iaeB-S1UjKqWPzctJnxF9uKgr5G5LT7f0tkCf54JwmAdY9c5PqyEuISUS81AaR214QOKLdhjYwFnr_4vbY2bcev0U7G2b1xlQGW1HzmexP14tjxlvnqClxxJPKXt388D-gB9R8KjY-gRUe3wcuW4rkVjgvEvfRq8jwPPCT1jDi-Xj7I/s72-w640-c-h426/appetizer-1386743_1280.jpg
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon
https://www.hmjiqtafsenja.com/2023/12/makronutrien-dalam-al-quran.html
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/2023/12/makronutrien-dalam-al-quran.html
true
7562635208007576303
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy