Bingung Harus Olahraga Apa Di Rumah Karena Wabah Covid-19? Malas Bergerak Karena Badan Lemas Saat Berpuasa? Berikut Beberapa Olahraga Yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa Yang Bisa Dilakukan Di Rumah!


Ilustrasi Males Gerak Saat Puasa



Oleh: Abdul Aziz Shutadi

Di tengah situasi pandemi seperti ini, banyak sekali aktivitas kita yang tertunda. Mulai dari bekerja, bedagang, pembelajaran hingga olahraga. Sangat penting sekali kita melakukan olahraga demi kesehatan. Bahkan, mayoritas masyarakat menjadikan olahraga sebagai hobinya masing-masing. Mulai dari olahraga dengan intensitas rendah seperti catur, brigde, billiard. Kemudian olahraga dengan intensintas sedang seperti sepak bola, bola keranjang, renang. Dan juga olahraga dengan intensitas tinggi yang memicu adrenalin seperti terjun paying, wall climbing, dll.

Bagi beberapa masyarakat akan merasa sangat ‘hampa’ sekali dalam aktivitasnya apabila tidak melakukan olahraga. Tertutama yang terbiasa dengan melakukan olahraga di luar ruangan dan olahraga yang bersifat tim atau kerjasama.

Dalam kondisi seperti saat ini kita diimbau oleh pemerintah agar tetap di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan juga sudah memasuki bulan ramdhan. Dengan waktu yang sudah cukup lama seperti ini banyak sekali masyarakat yang jarang melakukan olahraga. Padahal, olahraga sangat baik bagi tubuh kita.

Beriikut adalah bebrapa olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa dan bisa dilakukan di rumah:


       1. Push Up


Olahraga ini termasuk dalam olahraga yang tingkat kesulitannya rendah (pemula). Fokus olahraga ini adalah kekuatan. Otot yang bekerja adalah kuadrisep, otot bokong, perut, otot deltoid, trisep, dada dan seluruh tubuh. Olahraga ini tidak memerlukan alat apapun. Ada juga beberapa olahraga yang berdasar dari gerakan push up yaitu squat dan one-arm Burpee. Lakukanlah push minimal satu menit tanpa berhenti dengan teknik yang benar agar tidak terjadi cidera. 
Ilustrasi Gerakan Push Up
2. Sit Up dan Back Up

Olahraga ini juga termasuk ke dalam olahraga dengan tingkat kesulitan rendah. Olahraga akan lebih baik jika diberi alas sebuah matras agar tidak terjadi cidera tulang punggung dan ekor. Olahraga ini baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Juga dapat melatih otot perut dan pinggul. Hayo tim sixpack mana suaranya?? 

Lakukan olahraga ini minimal satu menit tanpa berhenti dengan teknik yang benar.


Ilustrasi Gerakan Sit Up

Ilustrasi Gerakan Back Up

           3. Skipping 

Olahraga ini juga tidak aneh bagi setiap kalangan. Skipping jump atau lompat tali. Alat yang digunakan hanyalah sebuah skipping dengan panjang tali yang sudah disesuaikan. Ada berbagai cara dan trik untuk melakukan lompat tali. Namun gerakan yang paling dasar adalah lompat tali menggunakan dua kaki atau satu kaki secara bergantian. Olahraga ini juga bisa menambah kekuatan otot kaki dan mengatur pernafasan.
Ilustrasi Gerakan Skipping

 4. Catur

Olahraga catur bagi sebagian kalangan adalah olahraga yang amat membosankan dan sangat menguras pikiran. Karena kta harus memikirkan taktik dan strategi untuk bisa mengalahkan lawan. Tapi olahraga ini sangat bisa dilakukan di rumah. Bermain bersama keluarga. 

Yang sering main catur sama bapaknya mana suaranyaaa???

Ilustrasi Catur

5. E-Sport

Yap! E-Sport atau electronic sport adalah olahraga yang kini sangat dikagumi kaum milenial. Mula dari game console hingga mobile. Bahkan turnamen e-sport sendiri menghasilkan hadidah mulai ratusan juta hingga trilyunan!. Tapi perlu di ingat, melakukan olahraga e-sport ini sangat tidak baik bagi kondisi psikis apabila terlalu berlebihan. Karena akan muncul rasa malas yang berlebih apabila tidak di imbangi dengan kedisiplinan. Lakukanlah maksimal 10-15 menit saat memainkan permainan e-sport ini.

Ilustrasi E-Sport

*Penulis merupakan Mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Semester II IAIN Syekh Nurjati Cirebon



Previous Post Next Post