Madrasah Pertama

Oleh: Erin Fauziah

Menelisik dari sejarah, dulu pada zaman jahiliyah perempuan adalah posisi yang amat sangat direndahkan. Diinjak harga dirinya, bahkan sengaja dihilangkan nyawanya. Menjadi perempuan dianggap rugi, seolah pertanda lambang dari kesialan dan segala sumber keburukan. Hingga pada akhirnya Islam hadir, mengangkat derajat wanita dengan begitu hebatnya.

Menjadi wanita adalah fitrah agung, pasrah namun indah. Jika boleh saya katakan, tercipta sebagai seorang wanita adalah privilege. Karenanya, kita bebas diberi peluang untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya. Saat lajang ia mengalirkan bakti pada kedua orangtuanya, kemudian menikah ia alirkan bakti pada suami sebagai kunci surganya, pun saat Allah amanahkan keturunan padanya ia merawat dan mendidik ikhlas penuh cinta kasihnya.

Menjadi ibu adalah sunnatullah, sebuah keniscayaan pada setiap wanita yang memang sudah Allah titipkan rahim dalam tubuhnya. Tempat di mana Allah menumbuhkan keturunan-keturunan Adam dan Hawa, meniupkan ruh dan memeliharanya hingga lahir ke bumi dunia.

Dalam sebuah bahtera keluarga, peran ibu sangatlah penting. Ibu ada sebagai “Madrasatul Uula” atau “Madrasah Pertama.” Ia menjadi pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya, tentu dari jauh sebelum anak-anaknya mampu bersosialisasi dan berguru pada orang-orang lain di sekitarnya.

Sudah tugas utama seorang ibu untuk mencetak putra putrinya menjadi generasi terbaik, tentu semuanya bergantung pada bagaimana pola asuh dan pola didik dari orangtua khususnya ibu. Jangan sampai kita lengah dari menuntut ilmu, jangan sampai kita lalai dari terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan, berusaha untuk menyeimbangkan diri mengikuti zaman tanpa mengeyampingkan hal-hal ukhrawi sebagai tujuan. 

Sebuah kalimat hikmah mengatakan,

النساء عماد البلاد إذا صلحت صلح البلاد وإذا فسدت فسد البلاد

“Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pulalah negaranya.” 

Sebagai pengingat untukku, untukmu, untuk kita: “Jadilah yang terdidik sebelum mendidik, sebab anak yang sholih berhak lahir dari rahim seorang ibu yang cerdas.”

Penulis merupakan mahasiswa IAT semester 1

Editor: Nurfadilah

Mau Kirim Tulisan Ke Web HMJ? Klik Disini

sumber gambar: bhayangkari.or.id
Name

Administrasi,3,Al-Quran,42,Artikel,82,Bakti Sosial,1,Bedah Buku,1,Cara Kirim Tulisan Ke Web HMJ IQTAF Senja Cirebon,50,cerpen,1,cinta,1,digital,4,esai,3,Fiksi,9,Fiksi Lainnya,1,fiqh,2,fkmthi,19,Futs,1,Hafalan,3,Harlah,15,iaincirebon,18,iat,23,iqtaf,19,Iqtaffestx,8,Iqtaffestxi,6,Kajian,8,kaligrafi,1,Kelas Jurnalistik,3,kepemimpinan,2,Kewarganegaraan,2,Kewirausahaan,2,Kominfo,6,LDK,3,Lomba,1,Makrab,1,media massa,2,MHQ,2,Minat Bakat,3,Motivasi,3,MQK,2,MTQ,2,Mubes,1,News,109,Nonfiksi,28,nuzulul qur'an,2,Opini,1,PAO,8,PBAK,2,pelatihan,1,PENA KAMI,6,Pendidikan,1,Pengabdian Masyarakat,4,persidangan,2,Profil Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebon,1,Proker,2,puasa,1,public lecture,2,Puisi,20,Quotes,2,raker,5,Ringkasan Buku,1,santri,1,Sima'an,2,tafsirhadis,12,Upgrading,1,Webinar,16,Wisuda,1,
ltr
item
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Madrasah Pertama
Madrasah Pertama
Madrasah Pertama
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyo1ohwkvCfKkUqnu5wHgEqcuySkGMQ9Fj7DdqN_KZHAj1DvyuoGeTJuFz7wUyZnUmbxT0o5-M0URM0giM8qpX93jaQXIOHKx7wNHqr6DIwuyM4ixaRyQodqK4e3gJ36xqEvWw44QM0R_SmUPuxLo4r6pEUBAVXEGvDh5CW4JTKdtCGnFSPjhrtJna/s16000/Untitled-1-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyo1ohwkvCfKkUqnu5wHgEqcuySkGMQ9Fj7DdqN_KZHAj1DvyuoGeTJuFz7wUyZnUmbxT0o5-M0URM0giM8qpX93jaQXIOHKx7wNHqr6DIwuyM4ixaRyQodqK4e3gJ36xqEvWw44QM0R_SmUPuxLo4r6pEUBAVXEGvDh5CW4JTKdtCGnFSPjhrtJna/s72-c/Untitled-1-1.jpg
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon
https://www.hmjiqtafsenja.com/2023/01/madrasah-pertama.html
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/2023/01/madrasah-pertama.html
true
7562635208007576303
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy