Sima'an Al-Qur'an sebagai Upaya Menjaga Hafalan Al-Qur'an Mahasiswa IAT

Cirebon, IqtafNews. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar Sima’an Al-Qur’an di Masjid Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati pada Kamis, 30 Maret 2023.

Acara tersebut resmi dibuka pada pukul 08.40 WIB oleh Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, H. Muhammad Maimun, M.A., M.S.I., Kamis, (30/03/2023).

Kegiatan Sima’an Al-Qur’an ini bertujuan untuk menjaga hafalan serta sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana yang telah diucapkan oleh H. Muhammad Maimun, M.A., M.S.I., selaku Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di dalam sambutannya.

“Pada hari ini, kita bisa sama-sama membaca Al-Qur’an, menjaga Al-Qur’an, dan menghafal Al-Qur’an. Itu adalah karena kita diberi nikmat keimanan dan juga kesehatan. Karena itulah sekarang, salah satu bersyukurnya itu dengan membaca Al-Qur’an.” Ucap Maimun.

Di akhir sambutannya, beliau berpesan agar ke depannya kegiatan Sima’an Al-Qur’an tidak hanya dilaksanakan di ruang lingkup jurusan maupun universitas, melainkan mencakup wilayah masyarakat umum.

“Dan mungkin juga, ke depannya tidak hanya dilakukan di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan mudah-mudahan bisa dilaksanakan di beberapa masjid atau musala atau TPQ yang ada di Cirebon.” Tutur Maimun.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan membaca ayat suci Al-Qur’an yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa/i Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir, serta diakhiri dengan pembacaan doa khotmil Qur’an.



Foto Bersama Setelah Acara Sima'an Al-Qur'an, Kamis (30/03/2023)


Pewarta: Fathimatuzzahroh 

Previous Post Next Post