Usaha Penghidupan Lingkungan Hidup Perspektif Al-Qur'an

Oleh: M. Rio Raharjo

Dalam lingkungan hidup belakangan ini banyak terjadi problematika yaitu banyak bencana-bencana terutama bencana banjir yang terjadi di berbagai daerah. Misalnya di Desa Dungus, Gresik, baru-baru ini daerah tersebut terkena banjir yang disebabkan luapan Kali Lamong. Masalah tersebut menurut saya sudah pasti akibat dari perbuatan manusia sendiri sebagai pengelola dan penjaga ekosistem alam.

Bencana yang terjadi di alam ini disebabkan oleh ulah manusia sendiri yang tidak bisa menjaga dan merawat lingkungan alam. Manusia diciptakan di bumi ini tidak lain hanyalah sebagai khalifah, dimana makna dari seorang khalifah tersebut sebagai pengelola dan pemelihara keberlangsungan kehidupan ekosistem alam ini, maka sesuai dengan tujuan diciptakannya manusia itu diharuskan untuk menjalankan tugasnya sebagai khalifah di bumi ini.

Secara umum, permasalahan yang ditemukan mengenai bencana alam yang terjadi di zaman modern sekarang ini khususnya di tahun 2020 ini diakibatkan oleh sikap dan tingkah laku manusia yang tak sadar terhadap pelestarian dan penjagaan lingkungan hidup. Kegiatan yang sering ditemui seperti membuang sampah sembarangan, eksploitasi alam secara berlebihan, illegal logging atau penebangan hutan secara liar dan juga asap industri yang terlalu banyak sehingga menipiskan lapisan ozon bumi.

Sebagaimana Allah SWT., berfirman :

ظَهَرَ الْفَسَادُ فَي الْبَرِّ وَ الْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِ النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

“Telah nampak kerusakan (fasād) di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS. Ar-Rūm: 41).

Menurut tafsiran Ibnu Katsir (w. 1373 M) dalam karyanya Tafsīr al-Qur’ān al-Aẓīm, beliau mengartikan fasād dalam ayat di atas dengan perbuatan syirik, pembunuhan, kemaksiatan, dan segala pelanggaran terhadap Allah. Yang kemudian dikaitkan dengan perbuatan manusia terhadap lingkungan hidup yang mengakibatkan kerusakan dan krisis lingkungan disebabkan karena tidak memperhatikan kelestarian ekologi.

Maka bagaimana solusi atau cara kita sebagai manusia pengelola alam ini agar terealisasi usaha penghidupan lingkungan hidup?, tentunya kita bisa merealisasikan usaha itu dengan betolak ukur kepada cara yang diajarkan oleh Al-Qur’an, diantara cara-cara dan usaha-usaha yang dapat dilakukan adalah :

Memelihara dan melindungi ekologi dan ekosistem alam


Berdasarkan QS. Ar-Rum ayat 41 diatas Maka secara eksplisit ayat tersebut memerintahkan kepada kita agar menjaga keamanan seluruh ekosistem yang ada, menjaga keseimbangan ekologi, tidak mengeksploitasi lingkungan secara berlebihan, menjaga kebersihan lingkungan serta kelestariannya.

Reboisasi


Istilah reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali tanaman yang baru untuk mengganti tanaman yang telah rusak, reboisasi juga bisa diartikan penanaman tanaman dilahan yang kosong di lahan hutan, yang bertujuan agar lahan dapat dipulihkan, diperthankan, dan ditingkatkan kembali kesuburannya.
Allah SWT., berfirman :

وَهُوَ الَّذِيْۤ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً ۚ فَاَ خْرَجْنَا بِهٖ نَبَا تَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَ خْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَا كِبًا ۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَا نٌ دَا نِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَا بٍ وَّا لزَّيْتُوْنَ وَا لرُّمَّا نَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَا بِهٍ ۗ اُنْظُرُوْۤا اِلٰى ثَمَرِهٖۤ اِذَاۤ اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰ لِكُمْ لَاٰ يٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

"Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman." (QS. Al-An'am/6: Ayat 99).

Secara tematik, dari ayat tersebut bisa kita ambil pelajarannya antara lain : 1) Terlihat bahwa Allah menunjukkan kekuasaan-Nya dengan bukti proses penciptaan biji atau buah dari awal sampai dengan matang; 2) Air yang berperan penting dalam membantu menumbuhkan macam-macam tanaman sampai dengan berbuah lebat; 3) poin ini adalah cara dan usaha yang harus dilakukan agar poin (1) dan (2) bisa terlaksana, yaitu Allah memerintahkan reboisasi atau penghijauan yang dapat membantu konservasi lingkungan, termasuk juga dapat dimanfaatkan hasilnya baik dari segi buah, daun maupun batangnya.

Dan dalam upaya reboisasi sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-An’an ayat 99 diatas, terdapat sedikitnya dua pertimbangan yang dapat diperhatikan, yaitu pertimbangan manfaat dan pertimbangan keindahan.

Pertimbangan manfaat, hal ini berawal dari Allah yang menurunkan hujan (H2O) dan karbondioksida (CO2) sebagai makanan agar tumbuh-tumbuhan itu dapat tumbuh dari tanah , yang kemudian nantinya dikonsumsi oleh manusia dan hewan.
Pertimbangan keindahan, hal ini tidak jauh dari pertimbangan manfaat, tumbuh-tumbuhan akan tumbuh dengan pemandangan yang indah, seperti tumbuhan hias yang biasa disebut bunga-bunga, sehingga keindahan yang didapat dari tumbuh-tumbuhan tersebut dapat menyegarkan ekosistem lain.

Penulis merupakan mahasiswa semester 5

Editor : Iid Muhyidin

Name

Al-Quran,3,Artikel,21,Bakti Sosial,1,Bedah Buku,1,Cara Kirim Tulisan Ke Web HMJ IQTAF Senja Cirebon,1,esai,2,Fiksi,8,Fiksi Lainnya,1,fkmthi,14,iaincirebon,14,iat,14,iqtaf,12,Kajian,3,Kelas Jurnalistik,2,Kewirausahaan,1,Kominfo,2,Minat Bakat,1,Motivasi,1,News,78,Nonfiksi,19,Opini,1,PAO,1,PBAK,1,PENA KAMI,3,Pengabdian Masyarakat,1,Profil Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebon,1,Puisi,2,Quotes,1,raker,2,tafsirhadis,11,Webinar,10,
ltr
item
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Usaha Penghidupan Lingkungan Hidup Perspektif Al-Qur'an
Usaha Penghidupan Lingkungan Hidup Perspektif Al-Qur'an
Usaha Penghidupan Lingkungan Hidup Perspektif Al-Qur'an
https://1.bp.blogspot.com/-0hh2Gd2y4EM/YQiQ7igmDsI/AAAAAAAAAlk/HNc6Wh8VTe8U6PNCq7BwxM3PCBYVdsqUgCLcBGAsYHQ/s320/1627950957-picsay.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0hh2Gd2y4EM/YQiQ7igmDsI/AAAAAAAAAlk/HNc6Wh8VTe8U6PNCq7BwxM3PCBYVdsqUgCLcBGAsYHQ/s72-c/1627950957-picsay.jpg
HMJIQTAFSENJA.COM | Platform Digital HMJ IQTAF IAIN Syekh Nurjati Cirebon
https://www.hmjiqtafsenja.com/2021/08/usaha-penghidupan-lingkungan-hidup-perspektif-alquran.html
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/
https://www.hmjiqtafsenja.com/2021/08/usaha-penghidupan-lingkungan-hidup-perspektif-alquran.html
true
7562635208007576303
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy